Gambar


Tulisan ini akan mengangkat mengenai bagaimana prinsip dari pengelolaan sekolah swasta serta membuat orang tua percaya bahwa pengelolanya adalah amanah. Sebuah hal yang tidak mudah karena mengelola sekolah seperti mengelola kepercayaan dan mengelola sebuah lembaga dengan prinsip bisnis dan berorientasi pada kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah prinsipnya.
1. rekrut guru yang baik dan hindari merekrut guru hanya karena ia mau dibayarmurah.ada pepatah yang katakan, jika kita melempar kacang maka monyetlah yang akan datang. Guru yang baik datang karena penggajian yang lumayan dan sistem yang bagus saatnya sekolah kembangkan keduanya.
2. Dahulukan membuat sistem baru memikirkan hal yang lain. Buat semua dalam sistem, misalnya bagaimana sistem merekrut guru, sistem anggaran, sistem komunikasi. sistem penggajian, sistem penilaian guru serta sistem lainnya yang bisa membuat guru betah karena aturan yang mengikat sekaligus membuat guru nyaman karena sekolah menjaga dirinya agar tetap kreatif.
3. Seimbangkan antara mengembangkan fisik sekolah dan mengembangkan guru. Jika sekolah hanya senang membangun fisik (karena akan terus menjadi miliknya) dan enggan membangun serta mengembangkan guru karena khawatir mereka akan ‘kabur’ maka sekolah melewatkan membuat sistem kepegawaian serta knowledge manajemen yang baik. hasilnya sekolah akan mnuai protes orang tua siswa karena gurunya yang mengajar asal-asalan
4. Perlakukan orang tua siswa sebagai orang yang terhormat setara dan berprasangka baiklah kepadanya. Di sekolah swasta orang tua dengan cepat menghitung berapa yang sudah ia bayarkan dan berapa yang sekolah berikan pada dirinya melalui anak-anaknya. Jika sekolah tidak inovatif bersiaplah mendapat orang tua yang komplain dan cerewet serta menyalahkan sekolah terus menerus.
5. membangunlah saat libur. Hal ini sangat penting karena sekolah yang membangun saat libur berarti keuangannya sehat dan berorientasi pada pelayanan. Jadwalkan pembangunan ini dan itu, jadwalkan renovasi ini dan itu saat liburan pasti orang tua siswa jatuh hati dan percaya, karena mereka merasa sekolah tempat anaknya bersekolah adalah pengelolanya amanah.
6. Manfaatkan 10 tahun pertama, sekolah swasta akan cepat ditinggalkan orang tua siswa dan guru-gurunya jika ketahuan terlalu banyak mengambil untung. Orang tua akan protes keras karena merasa bukan pada tempatnya pengelola sekolah mengambil untung dari sekolah. Padahal semua perlu biaya, dengan demikian pengelola sekolah perlu manfaatkan 10 tahun pertama untuk raih kepercayaan orang tua siswa untuk kemudian saat orang tua sudah percaya maka mereka akan datang sendiri bahkan berlomba untuk merekomendasikan pada sanak keluarga.
Demikian prinsip yang kami ambil dari Wordpress : http://gurukreatif.wordpress.com/,                                                                silahkan jika ada rekan yang ingin menambahkan